Setelah cerita kawah ratu, kini Aku akan sedikit bercerita bagaimana perjalananku menuju kawah putih, ciwidey ini. Dengan penuh tantangan dan semangat juang yang tinggi, akhirnya Kita bisa sampai disini.
Kita bertiga, Aku dan dua teman ku berangkat dari pinang ranti menuju stasiun pasar senen menggunakan busway yang murah meriah. Jalan-jalan kali ini judulnya "Backpacker" dan ini bener-bener backpacker gembel. Simak terus ceritanya ya..
Singkat cerita, sampailah Kami di stasiun pasar senen. Kami naik kereta serayu malam yang akan berangkat jam 9 malam pada hari kamis. Jug gijag gijug... kereta Kami pun berangkat. Cukup lama kalau untuk serayu malam karena memang rutenya yang muteer-muter. Kami sampai di stasiun kiara condong sekitar jam 2 pagi. Bingung Kita mau kemana, akhirnya Kita tidur di stasiun sambil nunggu subuh. Lalu Kami sholat subuh di Masjid terdekat. Selesai sholat subuh, Kita melanjutkan perjalanan dengan naik angkot menuju terminal leuwi panjang untuk sambung angkot ke ciwideynya.
Kita naik angkot merah 05 rute cicaheum - cibaduyut turun di pertigaan (diturunin disitu sama supirnya) atau di terminal leuwi panjang. Pas naik angkot 05 itu, Kita ditawarin buat dianter langsung ke kawah putihnya dengan harga yang cukup mahal. Setelah berunding, Kita menolak karena sesuai dengan kesepakatan, kita mau backpackeran aja dan akhirnya kita diturunin di pertigaan (ongkos 5k) itu buat lanjut naek L300 sejenis elf gitu menuju ciwidey. Berhubung kita berangkat masih pagi sekali, jadi udaranya pun masih sejuk dan jalanan masih lancar. Estimasi perjalanan kita di L300 ini cukup lama karena memang cukup jauh jaraknya dari kota ke ciwidey. Sekitar 2 jam Kami sampai di terminal ciwidey dengan ongkos 15k. Dari terminal, Kita harus naik angkot lagi 1 kali menuju kawah putih, bilang aja ke pak supirnya mau ke kawah putih, nanti diturunin di depan gerbang kawah putihnya. Angkotnya ini jarang sekali karena penumpangnya yang jarang. Mungkin kalau tidak weekend atau hari libur angkot itu tidak akan narik. Untuk ongkos angkot yag satu ini, harganya bervariasi alias suka-suka supirnya. Waktu saya kesana, berangkatnya 6k dan pulangnya 8k, Saya sudah protes ke supirnya tapi malah galakan supirnya hiks hiks hehehe
Akhirnya Kita pun sampai di Kawah putih guys. Kita istirahat dulu sebentar buat bersih-bersih dan lain sebagainya. Kita masuk ke dalem dan aku lupa harga tiketnya berapa waktu itu. Kalau tidak salah 30k/org sudah termasuk mobil pulang-pergi yang mengantarkan Kita ke puncak Gunung Patuha letak kawah putihnya. Sampai di kawah putih ternyata lumayan rame. Maklumlah masih libur lebaran banyak keluarga dari segala penjuru datang. Kita di kawah putih tidak terlalu lama karena Aku yang tidak kuat menghirup bau belerangnya. Hanya beberapa menit saja aku di kawah, setelah itu Aku naik lagi untuk turun pulang hehehe
![]() |
| Pintu Gerbang |
![]() |
| Perjalanan Mobil Menuju Kawah Putih |
![]() |
| Landmark Kawah Putih |
![]() |
| Gunung Patuha |
![]() |
| Kawah Putih 1 |
![]() |
| Kawah Putih 2 |
Berhubung waktu itu hari jumat, Kita putuskan untuk pulang ke kota lebih awal mengerjar waktu sholat jumat di kota. Tapi, waktunya gak ke kejar akhirnya Kita sholat jumat di masjid sekitar terminal ciwidey. Aku menunggu cowonya yang sholat jumat di mushola lain sampai aku ketiduran. Untung Aku masih bisa bangun dan sadar. Saat sadar, aku mikir, uang buat pulang sudah tidak cukup, bagaimana kita bisa sampai ke rumah masing-masing kalau begini caranya? Aku langsung teringat dengan komunitas nebengers. Aku langsung searching di twitter dan Alhamdulillah Aku menemukan orang yang bisa diajak buat nebeng sampai di Jakarta dengan waktu yang sama. Tanpa pikir panjang, Aku langsung hubungi orang itu dan orang itu pun setuju. Alhamdulillah... rezeki anak sholehah pikirku hehe
Aku langsung samperin kedua temenku di Masjid tempat mereka sholat jumat dan langsung memberi kabar kepada mereka perihal ini, mereka pun setuju. Kita langsung cus ke tempat janjian Kita di depan Bank Mega samping trans Studio mall. Kita langsung ketemu disana. Sebenernya perjalanan dari ciwidey ke tempat mepo sangat crowded dan menegangkan. Tapi cukup Kita bertiga aja yang tau ya hehehe singkat cerita, ternyata orang yang Kita tebengin itu hobinya jalan-jalan kayak Kita. Nyambung deh jadinya kalau ngobrol hehe orangnya juga baik, baik banget. Kita nebeng sampai stasiun bekasi sekitar jam 9 malam. Setelah itu, Kita pulang ke rumah masing-masing.
Sampai sini dulu ya ceritanya.. nanti dilanjut lagi dengan lokasi yang berbeda :)








0 komentar:
Posting Komentar